KERJA PROYEK
Proyek
multimedia adalah proyek yang melibatkan obyek multimedia di dalamnya, yaitu
teks, image, animasi, suara, video dan interaktivitas. Proyek multimedia
menghasilkan informasi yang menggunakan berbagai cara untuk menyajikannya.
Kebanyakan proyek multimedia dikerjakan dalam beberapa tahap.
Beberapa tahap harus terlebih dahulu diselesaikan sebelum memulai tahap, yang
lain, dan beberapa tahap ada yang dapat dihilangkan atau dikombinasikan.
Berikut adalah beberapa tahap dalam suatu proyek
multimedia.
1. Analisis
Pada bagian ini kita memilah, menguraikan materi atau
informasi sehingga lebih mudah dipahami, diantaranya:
·
Analisis
kebutuhan - tentang
apa yang dibutuhkan oleh pasar dan bagaimana hasil produk kita berkembang di
pasaran
- Analisis biaya -
seberapa biaya yang akan kita keluarkan
- Analisis konten -
lebih kepada isi yang dalam proyek kita
- Analisis Teknologi yang
akan digunakan
Setelah tahap analisis selesai maka selanjutnya dimasukkan
kedalam laporan, laporan ini bertujuan untuk mencatat kegiatan apa saja yang
sudah dilakukan dalam pembuatan proyek ini
2. Pretesting
Tahap ini sangat penting karena kita akan menentukan tujuan apa
yang akan kita capai, tentukan tujuan proyek, kebutuhan, kerangka dan daftar
isi proyek kita, dan lebih baik lagi jika sampai ke membuat prosposal proyek
multimedia tersebut
3. Prototype Development
Merupakan rancangan tampilan/layar, pengembangan isi (kembangkan
cerita) sehingga lebih menarik lalu nanti kita lihat hasil sementara dari yang
kita kerjakan.
4. Alpha Development (membangun proyek tahap 1)
Nah pada bagian ini storyboard dan flowchart serta konten sudah
detail, misal menu tombol pada bahan ajar interaktif (web content), audio yang
digunakan, animasi yang akan dipakai sudah jelas.
Jika sudah selesai tentunya kita masukan dalam laporan.
5. Beta Development
Pada bagian ini kita sudah memiliki proyek yang sudah jadi, lalu
ujicoba produk tersebut, selain kita tentu saja dengan beberapa orang yang
lain. Apa keuntungan dengan ujicoba tersebut?? dengan ujicoba ini kita bisa
menemukan bug/error/kekurangan yang nantinya dapat kita revisi kembali
Jangan lupa ketika
proyek kita selesai kita harus memiliki sebuah backup-produk, sehingga kita
sudah mengantisipasi jika nantinya ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.
6. Delivery
Siapkan orang-orang yang akan mempromosikan produk kita, lewat
media apa dan kepada siapa.
Seperti inilah
kira-kira yang ada dilapangan kerja, agar kita dapat bersaing di lapangan kerja
tentu kita harus punya kemampuan yang lebih baik dari orang lainnya..
Sumber : http://www.ismedrizal.id/2016/01/kerja-proyek-multimedia.html
No comments:
Post a Comment